Wednesday, November 14, 2012

Orang Berharga

Gue adalah salah satu dari orang yang ga menemukan asiknya pacaran. Seumur hidup udah 4 kali pacaran dan gue tetep ga nemu apa sih enaknya pacaran? Sampe sekarang pun gue tetep ga ngerti jawabannya apa. Kalo kata salah satu teman curhat gue sih, gue ngerasa gitu karena gue pacaran dengan orang yang tidak tepat. Tidak tepat di sini maksudnya gue pacaran tidak dengan orang yang benar-benar gue inginkan, atau dalam hal ini gue memahaminya sebagai orang yang (ehem) gue cintai. Entahlah. Terkadang beruntung juga sih punya pemahaman dan nilai bahwa pacaran itu tidak asyik, karena kalo mau sok agamis, agama gue juga tidak mengenal pacaran membuat gue jadi sedikit terlihat lebih religius. Pacaran menimbulkan kholwat dan ikhtilat katanya, atau dengan kata lain hanya berisi maksiat. Kalo bagi gue sih ga semua orang menggunakan pacaran sebagai sarana maksiat, banyak juga kok yang menggunakan pacaran buat saling mengenal lebih dalam sebelum menuju jenjang yang lebih serius.

Tapi sejujurnya gue tidak menghindari berpacaran, kalo emang gue menemukan orang yang tepat ga menutup kemungkinan gue pacaran dengan dia kok. Tapi orientasi gue emang udah serius sih, umur 22 mempengaruhi pola pikir gue. Di umur segini, dengan target umur menikah yang semakin dekat, gue menjadikan pacaran sebagai sarana perkenalan lebih dekat dengan pasangan gue yang kemungkinan besar tentu menjadi calon istri gue. Kalo pun sarana mengenal lebih dekat ini tidak dengan pacaran tidak menjadi suatu masalah bagi gue, tapi terkadang di saat ini pacaran menjadi sarana yang lebih umum dalam mengenal lebih dekat pasangan, dan tentu aja pacaran dipandang lebih memberikan komitmen dan kepastian pada masing-masing pihak. Bukankah perempuan membutuhkan kedua hal itu?

Orang yang tepat tadi gue anggap memiliki kriteria yang cocok untuk gue jadikan pasangan hidup. Emang sih gue ga menentukan kriteria tertentu yang pasti, kadang cuma gue yang bisa rasain sendiri mengenai hal ini. Orang yang tepat ini susah banget dicari loh, dan tentunya susah pula didapatkan. Maka dari itu ketika gue menemukan perempuan yang gue anggap sebagai orang yang tepat gue akan menganggapnya sebagai orang berharga.

Konsep orang berharga bagi gue berarti orang tersebut sangat berarti bagi gue, dan gue tidak ingin kehilangan dia. Atas dasar itu juga gue berusaha tidak pacaran dengan perempuan yang gue anggap sebagai orang berharga, kecuali ketika gue sudah yakin dari pacaran itu orientasinya memang sudah serius dan komitmen kita adalah menuju jenjang yang lebih serius. Berlebihan? Gue pikir ngga, karena menurut gue cowok emang dituntut untuk bisa mempunyai visi yang jelas soal hidupnya, ga bisa cuma mikirin buat hidup hari ini aja. Buat gue minimal cowok punya kerangka hidup buat 10 tahun ke depan, setidaknya itu yang bakal jadi motivasi dan sarana membahagiakan keluarga dan calon keluarga tentunya. Balik lagi, gue berusaha tidak sembarangan untuk pacaran dengan orang yang gue anggap berharga karena pacaran di mata gue memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk membuat gue kehilangan bahkan “bermusuhan” dengan orang berharga gue, bahasa sederhananya sih pacaran itu ujung-ujungnya putus. Biarlah gue tekan hasrat berpacaran dengan orang berharga gue, dan lebih berusaha menjadikannya istri ketimbang pacar. Ini juga sebagai bentuk keseriusan, komitmen, dan tanggung jawab gue tentunya.

Lantas, gimana kalo orang yang gue anggap berharga itu belum berorientasi untuk jenjang yang lebih serius?
Ya ga masalah sih, santai aja lah ya. Target gue menikah juga masih 4 tahun lagi kok, sekitar umur 26-27, tidak terlalu lama lagi tapi tidak terlalu cepat juga. Di atas semua itu tetep aja jangan terlalu memaksakan sesuatu, kalo emang jodohnya pasti ada jalannya kok. Karena terkadang orang yang tepat emang datang di saat yang salah. Biarin aja dia pacaran sama cowok lain, yang penting nikahnya sama gue. Hahaha. Kalo emang udah saatnya baru deh datengin orang tuanya, lamar anaknya, serius dan berkomitmen itu baru namanya cowok. Jangan sampe deh ngikutin nafsu sesaat buat macarin orang yang kita suka dan malah ga bertahan lama lantas kehilangan dia, dijamin nyesel deh. Menyesal itu pahit Jenderal!
 Innallaha ma’a shobirin..:)
Tapi bukan berarti kalo ada cowok yang macarin cewek lantas ga menganggap cewek itu sebagai orang berharga. Salah besar. Seperti gue bilang tadi, mungkin aja cowok itu menganggap ceweknya orang berharga dan udah berorientasi serius kan? Atau bahkan mungkin udah yakin banget bisa melanjutkan pacaran itu ke jenjang yang lebih serius. Pada dasarnya setiap cowok emang punya orang berharga dalam hidupnya, cuma konsepnya beda-beda aja.

So, it’s all about love not lust. Sambil menunggu saat yang tepat buat merealisasikan target gue, ada baiknya gue terus memperbaiki diri. Maka layakkanlah diri di hadapan-Nya untuk dianugerahi jodoh dalam serah terima paling sakral, mesra, penuh cinta, berkah dan makna: Pernikahan. :D

No comments:

Post a Comment